Undip Berikan Beasiswa Jurusan Kedokteran

Margaret Puspitarini
Kamis, 26 April 2012 16:02 wib
Ilustrasi : ist.

Ilustrasi : ist.
JAKARTA – Siapa pun mengetahui jika menempuh pendidikan kedokteran membutuhkan biaya yang sangat mahal? Maka, tidak jarang mahasiswa mengubur dalam-dalam keinginan mereka untuk menjadi dokter lantaran tidak sanggup membayar biaya perkuliahan itu.

Menyadari hal tersebut Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan program beasiswa bagi para pelajar yang ingin menekuni pendidikan kedokteran. Tentu saja, terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti program tersebut.

Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso mengungkapkan, syarat utama untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah harus tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip serta mempunyai prestasi yang baik ketika di SMA. FK Undip memberikan beasiswa tersebut pada tahun ajaran 2012/2013 dengan membebaskan biaya pendidikan, memberikan biaya hidup, serta bantuan buku bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas.

“Beasiswa ini bertujuan membantu mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi tetapi memiliki kendala ekonomi sejak semester pertama untuk menyelesaiakan pendidikan kedokteran di FK Undip,” ujar Agus seperti disitat dari laman Undip, Kamis (26/4/2012).

Program ini, lanjutnya, juga memiliki sasaran untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berpotensi untuk berperan serta dalam meningkatkan kesehatan di Indonesia. “Beasiswa ini akan diberikan selama menjalani pendidikan sarjana dan profesi di FK Undip,” katanya.

Agus menambahkan, banyaknya lulusan jenjang pendidikan menengah berprestasi yang potensial tidak dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dikarenakan masalah ekonomi dan ini merupakan tanggungjawab bersama. Undip sebagai institusi pendidikan, tambahnya, memiliki tanggung jawab dalam memperluas kesempatan belajar kepada setiap WNI tanpa membedakan status sosial.

“Program ini benar-benar merupakan peluang bagi anak berprestasi dari keluarga tidak mampu untuk belajar di Kedokteran Undip. Syaratnya, pengahasilan keluarga total tidak lebih dari Rp3 juta per bulan dan memiliki surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan secara resmi oleh instansi berwenang,” tuturnya.

Dia menyebutkan, program beasiswa tersebut berupa bantuan biaya hidup sebesar Rp800 ribu per bulan dan bantuan biaya buku senilai Rp200 ribu per bulan. Sementara persyaratan lain yang harus dipenuhi, yaitu prestasi akademik SMA minimal 25 persen terbaik di kelas sejak semester I-V.

“Mekanisme pendaftaran beasiswa adalah menunjukkan bukti pendaftaran dan diterima di FK undip dan membawa persyaratan ke subbag kemahasiswaan FK Undip selanjutnya akan diseleksi oleh panitia seleksi penerimaan,” kata Agus.(mrg)(rhs)

2 comments

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s