Undip Mengakomodasi 20% Mahasiswa Miskin ?

undipPada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2012 , Universitas Diponegoro (Undip) akan menerima 20% mahasiswa dari jalur undangan. Jalur yang akan dilakukan oleh sekolah untuk mendata 25% siswa berprestasi di tiap kelasnya itu, sudah disosialisasi Undip kepada kepala sekolah SMA se-Kota Semarang, baru-baru ini.

’’Kami sudah bersosialisasi, Kamis (27/1) lalu dengan mengundang para kepala sekolah SMA di Kota Semarang mengenai jalur undangan SNMPTN. Undip akan menerima 20%mahasiswa dari jalur tersebut. Pendaftaran jalur ini dimulai pada 1 Februari 2011 melalui website Undip http://www.undip.ac.id,’’ ungkap Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD, kemarin.

Porsi 60% penerimaan mahasiswa melalui seleksi nasional atau SNMPTN ini dibagi, 20% melalui jalur undangan dan 40% dari tes tertulis.
Sementara Undip tetap mengakomodasi 20% mahasiswa miskin untuk diterima di kampus tersebut. ’’Jadi, bila Undip menerima sekitar 8.000 mahasiswa, maka 1.600 mahasiswa harus dari kalangan yang kurang mampu. Selain itu, jatah 225 beasiswa bidik misi juga dimanfaatkan bagi mereka yang miskin tetapi berprestasi, karena semangat kami adalah kerakyatan,’’ urainya.

Tidak Naik

Tahun ini Undip juga tidak akan menaikkan SPP dan SPI mahasiswa, bahkan SPMP hanya diberlakukan sukarela bagi yang mampu. Untuk melakukan pendataan tersebut, Undip tidak akan melakukan survei lapangan dalam pengecekan kondisi mahasiswa miskin yang dibebaskan dari biaya SPP. “Tak perlu itu cek lapangan, karena kami percaya. Cukup dilihat berdasarkan data yang dilampirkan mahasiswa bersangkutan,’’ kata Sudharto.

Meski demikian, pihak Undip akan menyeleksi dengan sebaik-baiknya. Dan, kesepakatan BKS PTN untuk membebaskan 20% mahasiswa dari biaya SPP itu sudah disampaikan ke rapat senat dan disepakati.
Sudharto menyampaikan, pembebasan SPP itu memang memengaruhi pendanaan PTN. Namun, pihaknya akan menerapkan subsidi silang, sehingga nanti tidak terlalu memberatkan pendanaan PTN.

 

 

 

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s