Klarifikasi Pengumuman PMW 2013

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang akan didanai sedianya telah diumumkan oleh Undip pada hari Rabu, 11 September 2013 di situs http://bak.undip.ac.id/. Pengumuman yang disampaikan hanya berisi pengumuman dengan tautan unduhan berupa file Microsoft Office Excel 2007 sebesar 78.50 KB yang berisi daftar 20 judul proposal dan nama mahasiswa pengusungnya lengkap dengan NIM, fakultas, dana yang diajukan dan dana yang disetujui tanpa ada keterangan apapun.

Pada hari yang sama pula, kami selaku kepanjangan tangan dari Biro Administrasi Kemahasiswaan Bagian Kesejahteraan Mahasiswa memposting hal serupa di situs resmi kami untuk disebarluaskan kepada Sahabat Kesma melalui twitter, facebook dan linkedin. Tidak ada perubahan isi yang kami lakukan pada pengumuman tersebut. Kami hanya menambahkan fill color dibeberapa cells tertentu agar sedap dipandang mata.

Entah memang disengaja (atau tidak), hanya selang sehari setelah diumumkan, keberadaan pengumuman tersebut tidak dapat ditemukan lagi di situs http://bak.undip.ac.id/. Namun, sehari kemudian, Jumat, 13 September 2013 pengumuman PMW yang didanai Undip (di)muncul lagi (masih) di situs yang sama, http://bak.undip.ac.id/. Pengumuman yang baru ini disertai catatan bagi mahasiswa yang proposalnya lolos untuk menghadiri rapat penjelasan dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan, dengan tetap memberikan tautan unduhan daftar 20 proposalnya. Berbeda dengan pada hari Rabu (11/9), tautan unduhan yang disertakan kali ini berupa file .pdf sebesar 52.8 KB yang di convert dari program A-PDF EXCEL to PDF versi demo seperti watermark yang terlihat di sisi kanan dokumen dengan warna yang mencolok.

Setelah kami bandingkan pengumuman hari Rabu (11/9) dengan hari Jumat (13), ternyata terdapat perbedaan dalam daftar proposalnya. Pengumuman hari Rabu pada nomor urut 16 ditulis dengan judul “Salon Jilbab Kos Mahasiswa “Annisa” sebagai Ekspresi Kreativitas yang Bernilai Ekonomi”. Proposal tersebut diusung oleh Siti Nurul Hidayah Markum, Siti Mutmainah, Siti Aminah Yendy, dan Nurul Arifah dari Fakultas Peternakan dan Pertanian. Berbeda dengan pengumuman hari Rabu, pengumuman hari Jumat pada nomor urut 16 judulnya ditulis menjadi “Jamur Rumah Kabut” yang diusung oleh mahasiswa dari empat fakultas berbeda, Siti Azizah (FSM), Merlia Yustiti (FSM), Malik Ibrahim (FPIK), Airlangga Wiragalih (FEB), dan Muhammad Yunus (FPP).

Kami menilai bahwa pihak Kesma BAK sendiri telah mencabut pengumuman yang telah dipublish sebelumnya dengan mengganti pengumuman yang baru (mungkin) tanpa sepengetahuan pengusung proposal “Salon Jilbab Kos Mahasiswa “Annisa” sebagai Ekspresi Kreativitas yang Bernilai Ekonomi”.

Dengan tidak bermaksud merenggut kebahagiaan pengusung proposal “Jamur Rumah Kabut”, hal ini tentunya akan merugikan pihak pengusung proposal “Salon Jilbab Kos Mahasiswa “Annisa” sebagai Ekspresi Kreativitas yang Bernilai Ekonomi” karena posisinya digantikan oleh kelompok lain secara sepihak tanpa ada pemberitahuan apapun.

Sampai kami publish berita ini, belum diketahui alasan penggantian tersebut, karna penggantian itu dilakukan pada hari Jumat, yang artinya adalah akhir pekan, sehingga pihak Kesma BAK belum dapat dimintai keterangan setidaknya sampai Senin esok. ‘Mungkin’ kelompok “Salon Jilbab Kos Mahasiswa “Annisa” sebagai Ekspresi Kreativitas yang Bernilai Ekonomi” didiskualifikasi secara sepihak karena suatu pelanggaran tertentu yang dilakukan, namun kami rasa diskualifikasi itu tidak mungkin terjadi karena hal tersebut terjadi dengan sengaja dan tanpa pemberitahuan apapun. Atau mungkin saja terjadi kesalahan penulisan atau human eror yang dilakukan staf Kesma BAK yang (sampai pengumuman pengganti tersebut dipublish) belum disadari.

Kami tidak bermaksud mengkambinghitamkan salah satu pihak atau mengadudomba pihak-pihak yang berkepentingan. Kami hanya ingin menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi berdasarkan data-data yang dapat kami pertanggungjawabkan. Bagi pihak pengusung proposal “Salon Jilbab Kos Mahasiswa “Annisa” sebagai Ekspresi Kreativitas yang Bernilai Ekonomi” dan pengusung proposal “Jamur Rumah Kabut” bisa meminta klarifikasi langsung ke Kesma BAK sebagai pihak yang paling bertanggungjawab mengenai pengumuman PMW untuk mendapati titik terang sehingga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di waktu berikutnya.

Sebagai perbadingan kami sertakan pula tautan unduhan dari kedua pengumuman tersebut dibawah ini. Sampai berita ini kami terbitkan tautan unduhan tersebut masih aktif dan (semoga) filenya belum dihapus oleh uploader atau admin http://share-space.undip.ac.id/

Pengumuman PMW versi Rabu, 11 Sepetember 2013

Pengumuman PMW versi Jumat, 13 Sepetember 2013

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s