Program Kemitraan untuk Beasiswa Mahasiswa Miskin Universitas Diponegoro | Each One Educate Two

Mengapa Program Ini Diusulkan ?

Kesenjangan ekonomi sebagai dampak pembangunan sangat sulit dihindarkan. Walaupun pemerintah sudah berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin sebesar 0,89 juta orang, namun demikian sampai dengan tahun 2012 jumlah penduduk miskin di Indonesia masih sangat besar, yaitu 29,13 juta orang atau 11,96%, lebih besar dari penduduk Negara Malaysia yang hanya 29 juta orang. Jika tidak mendapat perhatian secara khusus, kesenjangan ekonomi ini akan berefek domino terhadap berbagai aspek kehidupan bangsa.

Di negara-negara maju, pendidikan telah terbukti secara sistematik dapat berperan dalam menyelesaikan kesenjaan ekonomi dan aspek lain yang lebih luas. Di satu sisi pendidikan dapat mengubah manusia menjadi produktif dan berdaya saing tinggi, sehingga mereka dapat keluar dari kemiskinan dengan kekuatannya sendiri. Di sisi lain pendidikan dapat mengubah cara pandang manusia menjadi lebih luas, lebih toleran, mudah beradaptasi dan beradab mulia sehingga permasalahan-permasalahan sosial yang dihadapi bangsa selama ini dapat diselesaikan dengan baik.

Universitas Diponegoro telah lama menaruh perhatian khusus terhadap akses pendidikan tinggi bagi masyarakat miskin melalui berbagai program. Program-program tersebut bertujuan untuk mendorong terjadinya migrasi sosial bagi saudara-saudara kita yang secara ekonomi kurang beruntung, setelah mereka lulus dari pendidikan tinggi. Salah satu program yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat adalah program PSSB kemitraan yang ditujukan untuk menyalurkan donasi dari mitra undip yang terdiri dari para orang tua mahasiswa, yayasan sosial, perusahaan BUMN dan Swasta kepada mahasiswa tidak mampu melalui subsidi silang melalui biaya pendidikan. Sejak tahun 2011, setiap tahunnya Undip membebaskan biaya kuliah bagi 1600 mahasiswa baru yang berasal dari masyarakat tidak mampu. Jumlah tersebut terus berakumulasi, sehingga nanti pada tahun 2016 akan dicapai jumlah 20% dari total mahasiswa Undip

Peningkatan jumlah mahasiswa tidak mampu yang dibebaskan biaya pendidikan di Undip hingga 20% (6400 orang) terus menginspirasi manajemen universitas untuk mendapatkan cara dalam meningkatkan jumlah donor, baik dari perorangan atau institusi. Sejak tahun 2013 ini Undip menawarkan program kemitraan untuk Beasiswa Mahasiswa Miskin.

 

Apa Tujuannya?

Program ini ditujukan untuk membangun kerjasama saling menguntungkan antara Undip dengan perseorangan atau institusi melalui pemberian akses prioritas bagi mitra Undip dalam kegiatan seleksi mahasiswa baru dan penggalangan dana dari mitra untuk beasiswa bagi mahasiswa miskin di Undip.

 

Siapa Saja Mitra Yang Dapat Berpartisipasi?

  1.  Perusahaan Swasta
  2.  BUMN
  3.  Lembaga / Organisasi Sosial
  4.  Perseorangan

 

Bagaimana Caranya Berpartisipasi?

Calon mitra mengajukan surat permohonan (download disini) kepada Rektor Universitas Diponegoro untuk berpartisipasi dalam program, sekaligus mengusulkan daftar nama mahasiswa untuk masing-masing jalur seleksi pada waktu paling lambat sehari setelah pendaftaran masing-masing jalur ditutup.

Calon mitra bersedia menyumbangkan dana (dituangkan dengan kontrak perjanjian kerja sama) sebesar biaya kuliah selama 8 semester bagi minimal 2 orang mahasiswa miskin untuk masing-masing calon mahasiswa yang lolos seleksi dari yang diusulkan oleh mitra.

Calon mahasiswa yang diusulkan oleh mitra harus mengikuti proses seleksi mahasiswa baru Undip, baik melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), atau UM-Undip (Ujian Mandiri Undip).

Peluang untuk lolos seleksi bagi calon mahasiswa yang diusulkan oleh mitra sangat tergantung pada capaian nilai calon dibandingkan dengan passing-grade dan kuota masing-masing program studi. Masing-masing program studi memberikam kuota sebesar 2,5% dari total daya tampung.

Sumber

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s