Mau Tahu Cara Daftar Bidik Misi?

Siswa tidak mampu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi tidak perlu gusar. Sejak beberapa tahun lalu, Kemendikbud telah meluncurkan Bidik Misi sebagai program bantuan biaya pendidikan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan ekonomi rendah.

Jika telah memenuhi persyaratan utama, maka ini saatnya mempersiapkan berkas pendaftaran. Pertama, kartu dan formulir pendaftaran program Bidik Misi yang bisa dicetak seusai ujian nasional (UN) di sistem pendaftaran Bidik Misi. Kemudian, persiapkan juga surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat. Jika tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari RT/RW/tokoh masyarakat.Berkas pendaftaran juga dilengkapi dengan surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orangtua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata-rata pendapatan selama enam bulan terakhir dari ayah dan ibu. Lampirkan juga fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk tiga bulan terakhir. Tagihan listrik, air dan internet yang dipakai bersama ditambahkan pada surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.

Dari sekolah, lampirkan fotokopi rapor dari semester satu; surat keterangan/dokumen/ijazah dari kepala sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya; serta bukti-bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat/foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.

Semua dokumen itu enggak perlu kita kirimkan ke perguruan tinggi yang kita lamar. Siapkan saja, dan kemudian bawalah saat pendaftaran ulang mahasiswa, kecuali ada ketentuan lain.

Untuk mendaftar, pastikan sekolah kita sudah mendaftarkan diri ke laman Bidik Misi sesuai petunjuk pendaftaran. Setelah mendaftar, sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja. Kemudian, sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi untuk log in. Setelah log in, sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data UN, prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus 2013 dan sudah lulus 2012 serta merekomendasikan siswa yang memenuhi persyaratan program Bidik Misi.

Jika proses pendaftaran sekolah sudah rampung, saatnya siswa melakukan pendaftaran dengan log in ke laman khusus siswa. Selanjutnya, siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk.

Nah, setelah menyelesaikan pendaftaran Bidik Misi, kita bisa mendaftar SNMPTN, SMBPTN, atau seleksi lokal masuk PTN. Perlu diingat, kita harus mematuhi semua ketentuan pada masing-masing seleksi tersebut. Jika lulus seleksi masuk PTN, kita bisa melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidik Misi. Jangan lupa membawa berkas yang sudah dipersiapkan tadi, ya!

Sumber

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s