Mahasiswa Luar Kota Wajib Tinggal di Rusunawa

Semarang, undip.ac.id – Mulai tahun ini, mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) penerima bidikmisi yang berasal dari luar kota diharuskan tinggal di rumah susun sederhana sewa mahasiswa (rusunawa). Mahasiswa penerima beasiswa tersebut nantinya mendapat bantuan biaya hidup dan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola PTN. Hal itu disampaikan Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi di sela-sela pantauan verifikasi mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM) dan Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Kemitraan, Rabu (8/8), di Kampus Tembalang.

NB : penerima bidik misi diharuskan tinggal di rusunawa oleh rektor tetapi kamar yang tersedia sudah penuh sejak kamis (9/8/2012) baik yang putra maupun putri, u/ penerima bidik misi yang belum mendapat kos bisa kos/kontrak-kesma bem

Kuota mahasiswa Undip yang masuk melalui program bidikmisi mengalami peningkatan. “Tahun lalu mahasiswa Undip penerima bidikmisi sejumlah 500 orang. Jumlah itu naik menjadi 800 orang pada tahun ini,” ujarnya.

Peningkatan tersebut juga terjadi pada mahasiswa yang mengajukan keringanan baik berupa pengurangan biaya maupun cara pembayaran. Pada 2011, Undip membantu 1.670 mahasiswa kurang mampu. Sedangkan tahun ini, jumlahnya bertambah menjadi 1.700 mahasiswa.

NB : sampai saat ini kebijakan yang diberikan rektor hanya berupa cara pembayaran bukan pengurangan nominal, maksimal hanya sampai pada ditunda dan dialihkan u/ mendapat beasiswa (tidak sesuai dengan PP No.66 Kemendikbud u/ mengalokasikan biaya dari 20% jumlah mahasiswa yang diterima)

Adapun kuota penerima bidikmisi tahun ini sebanyak 800 antara lain dialokasikan pada jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (769 orang) dan Ujian Mandiri (31). Meski kuota bidikmisi pada jalur SNMPTN besar, tidak menutup kemungkinan kuota yang tidak terpenuhi bisa dialokasikan pada mahasiswa tidak mampu yang diterima melalui ujian mandiri.

NB : kenyataan yang ada bidik misi undip hanya u/ snmptn undangan/tulis saja, mandiri tidak bisa

Dikatakan Sudharto untuk mengikuti program bidikmisi, mahasiswa memerlukan enam kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya data diri dan penghasilan orang tua serta jumlah keluarga yang menjadi tanggungan.

“Secara akademik, seluruh mahasiswa yang disaring untuk mendapatkan bidikmisi masih akan diverifikasi ulang sesuai kriteria yang ditetapkan. Verifikasi berkas kami beri waktu hingga 11 Agustus mendatang,” katanya.

Sumber: Suara Merdeka, 8/8/2012 |

NB : kesimpulannya bnyak info yang salah oleh rektor

 

 

 

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s