Panduan Umum PSSB S1 2012

Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di UNDIP terhadap siswa SMA/MA negeri dan SMA/MA swasta yang mempunyai akreditasi minimal B, tanpa melalui ujian tulis.

JENIS PERSYARATAN

1. POTENSI KEMITRAAN

PSSB Potensi Kemitraaan Universitas Diponegoro adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan minat, potensi akademik, dan potensi kerjasama untuk pengembangan UNDIP dalam bentuk partisipasi sumbangan. Minat dan potensi akademik dari calon mahasiswa dalam seleksi PSSB–Kemitraan ini dilihat dari reputasi akademik calon mahasiswa selama menempuh pendidikan di SMA/MA yang ditunjukkan oleh nilai rapor dan penghargaan lain yang diperoleh karena capaian prestasi tertentu. Minat calon mahasiswa untuk memasuki salah satu program studi tertentu di UNDIP juga akan dipertimbangkan dengan daya tampung dan tingkat persaingan di antara pelamar. Pertimbangan potensi kerjasama terutama akan difokuskan pada kesediaan lembaga donor / sponsor atau orang tua calon mahasiswa dalam berpartisipasi untuk memberikan sumbangan pengembangan bagi Universitas Diponegoro. Dengan demikian, PSSB KEMITRAAN ini merupakan proses seleksi mahasiswa baru yang mendasarkan pada 2 aspek, yaitu aspek potensi akademik dan minat calon mahasiswa, dan aspek partisipasi dalam pengembangan universitas

2. POTENSI OLAH RAGA DAN SENI

PSSB Potensi Olah Raga dan Seni adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan pada potensi olah raga dan seni, dan mempunyai prestasi minimal tingkat propinsi.

3. POTENSI OLIMPIADE SAINS

PSSB Potensi Olimpiade Sains adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan pada potensi kejuaraan olimpiade sains, dan mempunyai prestasi minimal tingkat nasional.

PERSYARATAN CALON MAHASISWA

  • Duduk di kelas III SMA/MA pada tahun 2012.
  • Termasuk dalam 5 besar terbaik pada semester 1 kelas III untuk pelamar program studi Pendidikan Dokter, 10 besar terbaik untuk program studi yang lain (dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah).
  • Tidak pernah tinggal kelas selama menempuh pendidikan di SMA/MA.
  • Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah masing-masing.
  • Memilih satu buah program studi di Universitas Diponegoro, sesuai jurusan di SMA/MA, jurusan IPA hanya memilih program studi kelompok IPA, dan jurusan IPS/Bahasa memilih kelompok IPS.
  • Bersungguh-sungguh berminat untuk memasuki program studi pilihannya, hanya mengikuti jalur seleksi semacam ini di UNDIP, tidak akan menyia-yiakan kesempatan yang disediakan baginya apabila ia diterima sebagaicalon mahasiswa (dibuktikan dengan surat pernyataan).
  • Memiliki sponsor atau penyandang dana yang bersedia memberikan sumbangan kepada Universitas Diponegoro (khusus PSSB Kemitraan).

JADWAL KEGIATAN PSSB 2012

KEGIATAN

WAKTU

Pendaftaran secara on-line 10 Mei – 20 Juni 2011
Penyerahan bukti administrasi 10 Mei – 20 Juni 2011
Seleksi Administrasi 21 – 29 Juni 2012
Seleksi Akademik 2 – 6 Juli 2012

 

Pengumuman 12 Juli 2012

 

 

 

http://um.undip.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=157&Itemid=120

One comment

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s