FORKESMA 15 Maret 2012

Kamis, 15 Maret 2012, Kesma BEM KM Undip mengadakan Forum Kesejahteraan Mahasiswa (Forkesma) untuk yang pertama kali dalam periode 2012. Forkesma 1 ini dilaksanakan di gedung dekanat lt.2 Fakultas Peternakan dan Pertanian pada pukul 15.00 yang dihadiri oleh hampir semua delegasi dari kesma BEM Fakultas dan juga Kesma HMJ.

Berikut beberapa pertanyaan serta jawaban yang merupakan hasil dari kegiatan Forkesma 1:

  1. Fapet : apakah beasiswa supersemar sudah ditutup? Mengapa?

apakah pelamar beasiswa PPA dan BBM bisa mengumpulkan berkas pendaftaran secara online?

Kesma rektorat pernah menutup pendaftaran beasiswa tersebut, meskipun jadwal penutupan beasiswa tesebut masih menyisakan 2 hari. Hal tersebut dilakukan karena pendaftar telah  melebihi kuota. Jika tetap di buka, di khawatirkan nantinya lebih banyak lagi yang tidak mendapatkan beasiswa. Dan juga peluang untuk mendapatkan beasiswa dari pihak pemberi lainnya akan lebih kecil, karena telah terdaftar sebagai pelamar beasiswa supersemar. Akan tetapi, Kesma BEM KM tetap menganggap kebijakan ini sebagai suatu keputusan yang menyalahi aturan.

Tentang pengumpulan berkas pelamar beasiswa secara online, kesma BEM KM siap melayani dengan catatan pelamar sedang berada di luar kota. Dengan cara menghubungi menteri kesma BEM KM dan berkas berkas terkait syarat pelamar bisa di scan dan di kirim via email, dalam hal ini, pelamar diharapkan mengganti biaya print. atau berkas berupa hard copy dikirim via pos, ataupun fax.

  1. FT : Mengapa tiba- tiba ada SK Rektor yang menyatakan bahwa 20 % mahasiswa baru tahun lalu yang mendapatkan beasiswa dapat mendapatkan beasiswa lagi di tahun ini?

Itu dikarenakan data rektorat bahwa memang masih banyak mahasiswa baru yang bermasalah dalam biaya pendidikan di Undip.

 

  1. Planologi : mengapa pengiriman berkas beasiswa pernah di lakukan dengan cara manual?

Iya. Hal itu di lakukan Kesma Rektorat untuk meminimalisir kesalahan input data, dan ini dikarenakan pelamar yang terlalu banyak. Maka untuk meminimalisir kesalahan input berkas para pelamar, Kesma rektorat meminta para pelamar beasiswa untuk menginput data secara manual.

 

  1. Biologi: bagaimana alur informasi beasiswa?

Ada 2 alur.

Yang pertama: rektorat->kesma rektorat->kesma fakultas=>kesma jurusan=> di umumkan ke seluruh mahasiswa.

Yang kedua: kesma rektorat=>kesma BEM KM=>kesma BEM fakultas, jurusan, kamting angkatan=>di umumkan ke seluruh mahasiswa.

 

  1. Apakah ada kuota tertentu untuk setiap beasiswa yang ada di Undip?

Persyaratan dan kuota ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa.

 

  1. Teknik Kimia : ada suatu kebijakan terkait hubungan HMJ-BEM-Dekanat? Itu kebijakan yang berasal dari mana?

Itu merupakan kebijakan dari BEM FT. khususnya departemen social (divisi beasiswa). Tujuannya adalah agar beasiswa tepat sasaran, dan ketika ada masalah, hal tersebut dapat di selesaikan dengan segera.

 

  1. FSM: mengapa beasiswa BRI belum cair di Undip?

Undip bermasalah dengan BRI di dalam MOU. Permasalahan tersebut terletak pada penentuan posisi pihak pertama dan kedua. Namun, permasalahan tersebut telah diselesaikan. Para penerima beasiswa BRI pun sudah di minta pihak pemberi beasiswa (BRI) untuk segera membuat dan mengirim buku rekening untuk pengaliran dana beasiswa BRI.

 

  1. FPsikologi : Persyaratan beasiswa PPA tidak menggunakan SKTM, tetapi mengapa itu di jadikan sebagai sebuah syarat oleh fakultas?

Kementrian Pendidikan mengatur sebuah regulasi bahwa yang berhak menerima beasiswa adalah mahasiswa tidak mampu atau berprestasi. Namun, tentang beasiswa PPA ini BPK menilai bahwa SKTM diperlukan. Dan Kesma rektorat hanya mengikuti peraturan dari lembaga yang di atasnya. Meski begitu, dalam aplikasinya ini belum merata.

 

  1. Mengapa alokasi dana setiap jurusan berbeda-beda?

Secara umum, beasiswa di alirkan ke jurusan dalam nominal yang sama untuk tiap tiap penerima beasiswa. Namun, fakultas ataupun jurusan dalam hal ini memiliki hak untuk membuat kebijakan tersendiri, yang tentunya dengan perimbangan pertimbangan yang matang.

 

  1.  FSM : Pada bulan Agustus kemarin ada seorang mahasiswa kimia yang tidak bisa membayar spp. Kemudian masalah tersebut di bawa dan dip roses ke pihak rektorat. Tetapi, pihak rektorat justru meminta mahasiswa tersebut untuk cuti. Mengapa demikian?

Ini memang sesuatu yang sudah terlanjur terjadi. Ke depan, kesma BEM KM meminta jika ada yang benar benar tidak mampu dalam pembayaran spp untuk melapor sebelum deadline pembayaran, agar bias dibantu. Sejauh ini, kegiatan membantu mahasiswa yang kurang mampu pun telah berjalan. Di antaranya adalah gerakan 10.000 per dosen per bulan, dan gerakan ini telah mengasilkan dana sekitar 300.000 dari rektorat per bulan secara kontinyu. Selain itu, telah berjalan juga gerakan kotak sayang kawan yang akan di sebar ke setiap sudut kampus untuk meminta sumbangan sukarela dari setiap mahasiswa. Dimana semua dana yang terkumpul nantinya akan benar benar di gunakan sebagaimana mestinya.

 

  1. Mengapa informasi beasiswa biasanya telat di infokan?

Ketelatan tersebut dikarenakan alur info birokrasi yang terlalu panjang. Oleh karena itu, Kesma BEM KM menghimbau agar setiap mahasiswa mempersiapkan persyaratan- persyaratan umum sebuah beasiswa, sehingga ketika di umumkan ada beasiswa, setiap pelamar telah siap dengan berkas berkasnya.

 

  1. FISIP : apakah ada batasan maksimal untuk setiap penerima beasiswa?

Tidak ada batasan, yang terpenting tidak melanggar persyaratan yang telah ditentukan pihak pemberi beasiswa.

 

  1.  Apakah ada layanan email untuk mengurus beasiswa bagi mahasiswa luar jawa?

Terimakasih, kami melihat ini sebagai sebuah saran yang bagus. Karena sejauh ini layanan seperti itu belum ada. Kedepan Kesma BEM KM akan mengusahakan bentuk layanan tersebut.

 

  1. Kenapa beasiswa ketika sampai fakultas infonya tidak transparan?

Itu dikarenakan setiap fakultas memiliki hak untuk memuat kebijakan sendiri, hal yang perlu di garis bawahi adalah Kesma BEM KM akan terus berusaha untuk membuat informasi- informasi beasiswa ini menjadi lebih transparan.

 

  1. Mengapa kebanyakan beasiswa ditujukan hanya untuk program S1?

Itu adalah hak dari pemberi beasiswa.

 

  1. Ada beasiswa poligon, setelah mengurus tapi fakultas menyarankan untuk memilih beasiswa lain, apakah ada kebijakan dari fakultas untuk memilih beasiswa?

Pada dasarnya, fakultas tidak mempunyai hak untuk memilih beasiswa. Karena rektorat mengalirkan informasi beasiswa sesuai dengan syarat dan ketentuan yang di minta oleh pihak pemberi beasiswa. Hanya saja, dalam hal ini fakultas dan jurusan memiliki hak untuk membuat kebijakan- kebijakan tersendiri jika memang dirasa penting. Tentunya, dalam batasan- batasan tertentu. Maka, jika ada kasus serupa terjadi lagi, silakan di diskusikan mengapa pihak fakultas memberikan saran yang demikian. Karena pastinya, mereka memberikan saran dengan di dasari oleh sebuah alasan.

 

  1. Fasilitas Undip kurang memadai, bagaimana para mahasswa dapat menyampaikan saran kepada univ terkait fasilitas2 di undip?

Kurang memadainya fasilitas di fakultas adalah karena pengelolaan dari fakultas itu sendiri. Alur mahasiswa untuk menyampaikan saran terkait fasilitas kampus adalah ke senat bem fakultas ataupun KM.

 

  1. Bagaimana cara mendapatkan buletin kesma?

Buletin kesma akan terbit setiap bulan, dan buletin ini bisa di dapatkan dalam setiap kegiatan forum kesejahteraan mahasiswa yang juga dilaksanakan setiap bulan.

 

  1. Mengapa antara beasiswa PPA dan BBM lebih banyak di terima PPA?

Karena kuota PPA dan BBM sendiri sudah ditetapkan oleh rektorat dan juga dari fakultas, jadi katakanlah rektorat memberikan jatah untuk fakultas A 50 PPA dan 50 BBM beserta deadline pendaftaran dari fakultas ke universitasnya kapan dan bisa memenuhi tidak jumlah pendaftar yang diinginkan, kemudian di follo up di fakultas, jika sampai waktu yang ditentukan belum terserap akan dialihkan ke fakultas yang kuotanya melebihi.

 

Kesimpulannya, Kesma BEM KM Undip 2012 akan bersinergi dengan Kesma BEM Fakultas dan juga jurusan untuk terus bekerja dalam melayani kesejahteraan mahasiswa se-Undip. Kesejahteraan memang bersifat abstrak dan dalam batasan yang tidak menentu. Meski begitu, ruang gerak nyata Kesma ke depan akan berfokus pada pelayanan beasiswa sebagai bentuk layanan kesejahteraan terhadap seluruh mahasiswa di Undip. Hal itu dikarenakan oleh beberapa hal. Di antaranya, fakta kampus yang menyebutkan bahwa permasalahan financial adalah masalah fundamental sebagian mahasiswa dalam meraih kesejahteraan di kampus. Selain itu, pengelolaan beasiswa masih belum bisa di katakan sempurna, karena masih banyak kekurangan di sana- sini. Seperti beasiswa yang salah sasaran, keterlambatan informasi, ketidaktransparanan informasi, dll. Oleh karena itu, Kesma akan menjadi lembaga kampus yang bergerak dalam memberantas ketidaksejahteraan mahasiswa secara umum dan dengan cara apapun. Termasuk pelayanan beasiswa secara baik.

 

 

Lain lain:

Info beasiswa luar negeri

io_undip_info@yahoogroups.com

  1. Kirim email kosong
  2. Akan ada konfirmasi dari pihak terkait
  3. Ikuti petunjuk dari balasan email

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s