Pendaftaran Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2012

 

Program Mahasiswa Wirausaha merupakan bagian  dari sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi. Pelaksanaan Program Wirausaha Mahasiswa (Program Mahasiswa Wirausaha) Universitas Diponegoro, berada di dalam wadah Inkubator Bisnis (Business Incubator).

Kegiatan usaha  dilakukan secara berkelompok dengan jumlah 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) orang mahasiswa. Jumlah modal kerja yang disediakan untuk pendirian dan kegiatan usaha maksimal Rp 6.000.000,00 (enam juta rupiah) per mahasiswa. Dana Program Mahasiswa Wirausaha berupa pinjaman modal usaha yang digunakan secara bergulir untuk pengembangan unit bisnis mahasiswa. Pengguliran dana dilaksanakan setelah adanya penghimpunan dana yang berasal dari pengembalian dana pinjaman modal usaha yang dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha bagi mahasiswa berikutnya. Dalam pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha dilakukan pendampingan mulai dari kegiatan magang sampai dengan pelaksanaan kegiatan bisnis mahasiswa. Pendampingan magang dilakukan oleh UKM Pendamping dan Dosen Pendamping Universitas Diponegoro dan pendampingan pasca magang dilaksanakan oleh Dosen Pendamping. 

Mahasiswa yang dapat mengikuti kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Mahasiswa program S1 dan D3, minimal telah menyelesaikan kuliah 3 semester (duduk di semester 4) atau minimal telah menempuh 60 SKS dan belum pernah mendapat dana PMW, dapat mendaftar PMW tahun 2012 (Formulir pendaftaran di Lampiran 1) dan mengajukan usulan rencana usaha PMW 2012 (Lampiran 2).  Proposal untuk mendapatkan dana PMW tahun 2012 harus sudah diterima di BAK paling lambat tanggal 2 April 2012.
  2. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha  adalah mahasiswa yang memiliki minat dan bakat kewirausahaan dan diharapkan memiliki pengalaman berwirausaha yang pernah dilakukan sebelumnya.
  3. Mahasiswa yang  sedang melakukan kegiatan wirausaha diberikan kesempatan untuk mengikuti program ini dalam rangka mengembangkan kegiatan usaha yang sedang dilaksanakan oleh mahasiswa.
  4. Menyusun Business Plan yang berbasis technopreneuer yaitu kegiatan kewirausahaan yang memiliki sentuhan teknologi
  5. Dilakukan secara berkelompok antara 3 – 5 orang mahasiswa, membuat kesepakatan kelompok dengan bentuk Persekutuan Perdata (Lampiran 3).  Setiap kelompok mahasiswa dapat berasal dari 1 (satu) Fakultas atau gabungan mahasiswa lebih dari 1 (satu) Fakultas.  Apabila berasal lebih dari 1 (satu) Fakultas, maka Business Plan diketahui oleh  Pembantu Dekan III yang berasal dari Fakultas ketua kelompokcalon peserta Program Mahasiswa Wirausaha.  Seorang mahasiswa hanya diperbolehkan untuk mengajukan 1 (satu) usulan kegiatan usaha, baik sebagai ketua maupun anggota.
  6. Sanggup mengikuti seluruh kegiatan mulai dari pendidikan dan pelatihan (workshop) sampai pelaksanaan kegiatan wirausaha dengan mengisi formulir kesanggupan (Lampiran 4).
  7. Menentukan tempat pemagangan yang digunakan untuk tempat magang setelah workshop
  8. Wajib menandatangani kontrak penggunaan dana untuk kegiatan  bisnis mahasiswa (Lampiran 6).
  9. Sanggup mempertanggungjawabkan penggunaan dana Program Mahasiswa Wirausaha dari Dikti dengan transparan dan akuntabel (Lampiran 9)
  10. Sanggup mengembalikan dana PMW sebesar 50% dari total dana yang diterima setelah dipotong pajak dengan cara mengangsur.  

Informasi lebih lanjut silakan menghubungi BAK UNDIP. 

 

download pedoman, silahkan kunjungi:http://www.pkm.undip.ac.id/

 

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s