Berikut ini kami berikan informasi terkait mekanisme banding UKT. Informasi ini dapat berkembang sewaktu-waktu, silakan ikuti terus perkembangan informasinya melalui Facebook dan Twittter resmi Kementerian Kesejahteraaan Mahasiswa BEM KM Undip.

  • Bagi yang sudah mengirimkan berkas – berkas formulir UKT:
  1. Bagi yang masih keberatan dengan keputusan golongan yang sudah diumumkan tanggal 13 Juni 2013, silakan mengajukan banding.
  2. Untuk saat ini, mekanisme yang ada memang hanya sebatas banding secara online saja, seperti yang sudah ada di form online dengan mengajukan juga alasan-alasan banding.
  3. Ketika sudah tersimpan dan dinyatakan banding, selanjutnya data akan masuk dan akan diproses dengan melakukan evaluasi berkas-berkas UKT yang sudah diajukan s/d tanggal 8 Juni.
  4. Evaluasi tersebut dilakukan oleh tim dari fakultas dan universitas yang prosesnya masih belum ditentukan secara pasti. Akan ada survei langsung bagi yang berdomisili di sekitar Semarang, dan ada yang melalui telepon bagi yang sulit untuk dijangkau. (Telepon dilakukan ke tetangga-tetangga terdekat yang datanya sudah ada).
  5. Pada prinsipnya yang sudah mengajukan berkas tidak perlu mengirimkan berkas kembali, namun bagi yang merasa berkas-berkas kemarin masih belum lengkap, segera saja untuk menyiapkan data-data pendukung lain yang bisa memperkuat alasan ketidaksanggupan. Contohnya surat tagihan, bukti pembayaran kontrol rumah sakit, surat miskin, dan sebagainya yang sekiranya bisa ditambahkan untuk memperkuat bukti bahwa yang bersangkutan tidak mampu.
  6. Berkas pendukung kelengkapan tersebut dikirim ke LP2MP dengan diberi keterangan “BANDING” dan keterangan “BERKAS SUSULAN” pada amplop.
  7. Berkas diterima maksimal sampai dengan Tanggal 18 Juni 2013
  8. Untuk mempermudah mekanisme, bagi yang ada salinan berkas UKT sebelumnya bisa dikirim ulang.

 

  • Bagi yang belum pernah mengirimkan berkas-berkas formulir UKT
  1. Bagi yang sudah terlanjur memilih golongan V dan tidak ada mekanisme banding pada form online, masih bisa mengajukan banding dengan mengirim form banding yang sudah tersedia di LP2MP. Bagi yang di luar kota, kami fasilitasi dengan mengunduh di tautan ini
  1. Formulir tersebut dikirimkan ke LP2MP dengan tetap disertai berkas-berkas form UKT beserta data pendukungnya dengan diberi keterangan tambahan “BERKAS BARU” pada amplop.
  2. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah berkas-berkas selain form UKT juga disertai dengan Surat Pernyataan bermeterai Rp 6000 yang menyatakan “keberatan apabila harus membayar biaya per semester dengan golongan V” serta menyatakan bahwa “belum mengirimkan berkas2 pengajuan keringanan UKT sebelumnya karena ketidaktahuan / keterbatasan informasi mengenai UKT”.
  3. Tidak ada format resmi untuk surat pernyataan tersebut, silakan tulis sendiri surat pernyataan dengan memperhatikan kaidah menulis yang baik dan benar sesuai EYD.
  • Bagi pelamar Beasiswa Bidikmisi
  1. Tidak perlu mengajukan banding, siapkan berkas-berkas Bidikmisi yang harus dibawa dan diserahkan saat verifikasi tanggal 1-5 Juli 2013
  2. Bagi yang dalam form online ditetapkan pada golongan tertentu, hal terjadi karena kemungkinan kesalahan sistem, yang terpenting adalah bisa membuktikan kalau yang bersangkutan memang benar-benar sudah mengikuti prosedur Bidikmisi dan termasuk yang diterima lewat jalur SNMPTN Bidikmisi.
About these ads