Berikut ini kami berikan informasi terkait mekanisme banding UKT. Informasi ini dapat berkembang sewaktu-waktu, silakan ikuti terus perkembangan informasinya melalui Facebook dan Twittter resmi Kementerian Kesejahteraaan Mahasiswa BEM KM Undip.

  • Bagi yang sudah mengirimkan berkas – berkas formulir UKT:
  1. Bagi yang masih keberatan dengan keputusan golongan yang sudah diumumkan tanggal 13 Juni 2013, silakan mengajukan banding.
  2. Untuk saat ini, mekanisme yang ada memang hanya sebatas banding secara online saja, seperti yang sudah ada di form online dengan mengajukan juga alasan-alasan banding.
  3. Ketika sudah tersimpan dan dinyatakan banding, selanjutnya data akan masuk dan akan diproses dengan melakukan evaluasi berkas-berkas UKT yang sudah diajukan s/d tanggal 8 Juni.
  4. Evaluasi tersebut dilakukan oleh tim dari fakultas dan universitas yang prosesnya masih belum ditentukan secara pasti. Akan ada survei langsung bagi yang berdomisili di sekitar Semarang, dan ada yang melalui telepon bagi yang sulit untuk dijangkau. (Telepon dilakukan ke tetangga-tetangga terdekat yang datanya sudah ada).
  5. Pada prinsipnya yang sudah mengajukan berkas tidak perlu mengirimkan berkas kembali, namun bagi yang merasa berkas-berkas kemarin masih belum lengkap, segera saja untuk menyiapkan data-data pendukung lain yang bisa memperkuat alasan ketidaksanggupan. Contohnya surat tagihan, bukti pembayaran kontrol rumah sakit, surat miskin, dan sebagainya yang sekiranya bisa ditambahkan untuk memperkuat bukti bahwa yang bersangkutan tidak mampu.
  6. Berkas pendukung kelengkapan tersebut dikirim ke LP2MP dengan diberi keterangan “BANDING” dan keterangan “BERKAS SUSULAN” pada amplop.
  7. Berkas diterima maksimal sampai dengan Tanggal 18 Juni 2013
  8. Untuk mempermudah mekanisme, bagi yang ada salinan berkas UKT sebelumnya bisa dikirim ulang.

 

  • Bagi yang belum pernah mengirimkan berkas-berkas formulir UKT
  1. Bagi yang sudah terlanjur memilih golongan V dan tidak ada mekanisme banding pada form online, masih bisa mengajukan banding dengan mengirim form banding yang sudah tersedia di LP2MP. Bagi yang di luar kota, kami fasilitasi dengan mengunduh di tautan ini
  1. Formulir tersebut dikirimkan ke LP2MP dengan tetap disertai berkas-berkas form UKT beserta data pendukungnya dengan diberi keterangan tambahan “BERKAS BARU” pada amplop.
  2. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah berkas-berkas selain form UKT juga disertai dengan Surat Pernyataan bermeterai Rp 6000 yang menyatakan “keberatan apabila harus membayar biaya per semester dengan golongan V” serta menyatakan bahwa “belum mengirimkan berkas2 pengajuan keringanan UKT sebelumnya karena ketidaktahuan / keterbatasan informasi mengenai UKT”.
  3. Tidak ada format resmi untuk surat pernyataan tersebut, silakan tulis sendiri surat pernyataan dengan memperhatikan kaidah menulis yang baik dan benar sesuai EYD.
  • Bagi pelamar Beasiswa Bidikmisi
  1. Tidak perlu mengajukan banding, siapkan berkas-berkas Bidikmisi yang harus dibawa dan diserahkan saat verifikasi tanggal 1-5 Juli 2013
  2. Bagi yang dalam form online ditetapkan pada golongan tertentu, hal terjadi karena kemungkinan kesalahan sistem, yang terpenting adalah bisa membuktikan kalau yang bersangkutan memang benar-benar sudah mengikuti prosedur Bidikmisi dan termasuk yang diterima lewat jalur SNMPTN Bidikmisi.
About these ads

Tentang Kesma BEM KM UNDIP

Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa adalah Kementerian yang bernaung dibawah Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro. Kementerian ini menjadi wadah aspirasi mahasiswa Universitas Diponegoro yang berhubungan langsung dengan kesejahteraan mahasiswa seperti beasiswa (baik dalam maupun luar negeri), asuransi, informasi lowongan pekerjaan, advokasi bagi mahasiswa yang kesulitan membayar biaya masuk/spp, uang kuliah tunggaal dan lain lain.

»

  1. andi hady mengatakan:

    Mas, minta alamat lp2mp

  2. puteri delima mengatakan:

    kak agen pengiriman 2 hari kedepan tutup, jadi kirimnya cuma bisa hari senin dilayani sedngkan kalau mau kirim ke semarang bisa sampai 3-4 hari jadi gimana nasib camaba yang jauh atau di luar pulau jawa yang ingin ajukan banding jika batas maks tgl 18..? mohon bantuannya

  3. Vindy mengatakan:

    saya sudah mengirimkan persyaratan tanggal 7 juni, tetepi tetap masuk pada kelompok 5, sedangkan berkas tidak saya fotokopi..:(
    saya juga sudah mengajukan banding secara online..
    saya diterima di fakultas hukum melalui jalur undangan..
    sebaiknya tindakan apa yang harus saya lakukan?
    terimakasih

  4. akhmad fauzi mengatakan:

    banding ya diisi itu tentang kondisi keluarga , atau tentang protes UKT yang terlalu mahal atau yang lainnya

  5. Vicar mengatakan:

    kirim formulirnya via email atau via pos mas?

  6. cahyo wijayanto mengatakan:

    kak dulu waktu registrasi online saya salah pilih menyanggupi ukt kelompok 5 dan saya juga sudah mengirimkan berkas keringanan biaya ke lp2mpnya apa saya masih bisa mengajukan banding?

  7. Muhammad Fu'ad hasbi mengatakan:

    mas, kalau aku kan dari sulsel, kayaknya,aku bisa ngirim berkas susulan tanggal 17 ini, tp sepertinya itu gak bakaln sampai tanggal 18 di LP2MP,,,,soalnya tempat tinggal aku 8 jam dari ibukota propinsi….

  8. afni siallagan mengatakan:

    kak, kalau pelamar bidikmisi mmg langsung verivikasi ajj kan, biaya UKT nya belom di transfer.
    Trus kalau berkas bidikmisi yang di maksud apa saja ya kak?
    Trims.

  9. Tassya Adhitya Putri mengatakan:

    kak aku kan udah ngirim berkas kemaren trs aku ttp dapet gol 5 :( aku udah banding online tp alesannya cuman dikit boleh ngirim banding lagi gak?trs nambah berkas apalagi ya biar aku dapet keringanan ?makasih

  10. nina mengatakan:

    kak, form bandiing yg blum pernah kirim form ukt sebelumnya sampe tgl 18 juga?

  11. Pani Isabella br Simamora mengatakan:

    kak form banding untuk luar daerah gimana ya?

  12. Puja sukma mengatakan:

    Kak, buat yang bnding, udah bnding online, tp masih punya alasan yg blm smpat trtulis itu gmn? Bisa buat surat keterangan sndri?

  13. valerina tarigan mengatakan:

    kak, bukti banding saya hanya mengatakan keberatn tanpa menyertai alasan. lalu ap yg harus saya perbut?

  14. Dewi sulastri sinaga mengatakan:

    Ka,pembayaran kan hari senin.trus kta uda ajuin bnding,dan pngumuman ny blum tau.kalo blum d byar hri senin apakah undanganny di btalkan?

  15. alghifari hassan mengatakan:

    waktu penentuan ukt, Kmaren gak sengaja tekan “tidak keberatan”.. apakah masih bisa melakukan banding? Dan saya brasal dari pulau sumatera dan tidak ada saudara satupun disemarang. Apabila dapat melakukan banding, Bagaimana solusinya? Sedangkan keluarga saya keberatan mendapatkan biaya ukt kelompok 5.. mohon kebijaksanaannya ..

  16. Khilmi Nur Cholisoh mengatakan:

    Kak, bgi yang belum mengirimkan berkas UKT, ketika mengirim form banding, apakah si berkas UKT juga ikut dikirimkan sekalian?
    Jika data yang diberikan berbeda dengan saat registrasi online gimana kak? Apakah masih bisa diterima? Soalnya file registrasi yg dicontohkan berbeda dengan saat registrasi sebenarnya.. Terimakasih mohon bantuannya :)

  17. fajar perdana kasmana mengatakan:

    kak saya udah ngirim berkas… lokasi saya di bandung jawa barat, saya sudah banding online, saya ingin mengirimkan berkas susulan,tetapi bukan form UKT lagi, tp data” pelengkap… hanya surat spp dan uang pangkal… dan ingin mengirim kembali surat kesanggupan orang tua, apa itu tdk masalah? makasih

  18. ian mengatakan:

    kak kalo mau ngirim lewat fax gmn caranya? no fax siapa?

  19. Lanh mengatakan:

    kak, berkas salah pilih golongan wajib dibuat tersendiri? kalo udah disebutkan di surat keterangan orgtua gimana?

  20. muhammad salahudin mengatakan:

    jika saya sudah banding online, sudah mengirimkan berkas UKT, dan sudah lengkap semuanya, apa perlu mengirimkan kembali form banding dan kelengkapannya?

  21. yohana mengatakan:

    kak,
    kalo form ukt yg saya kirim apa harus dikirim lagi?
    atau kalo sudah mengirim form ukt tdk perlu lgi mengirim form ukt tersebut..?
    saat ini saya sudah mengajukan banding online.
    apakah saya harus mengirimkan berkas pendukung lain, sementara saya disumatra utara dan tidak mungkin berkas sampai tgl 18 juni
    kira_kira berkas pendukung apa yg harus saya kirim?
    terimakasih

  22. kak kalau untuk bandingj UKT, slip gaji blm trmasuk potongan, apa hrus dsertakan? terima kasih.

  23. saya mau tanya kakak, mengirim berkas jika mau banding itu paling akhir pada tanggal 18 juni sampai jam berapa?
    apa nanti ada survei ke rumah calon maba juga yg berada di kota semarang?

  24. adit mengatakan:

    Kak, kalo lewat fax kan yg trkirim dlam bntuk fotocopy, apa boleh? Atau harus pasang materai baru stelah brkasny smpai d smarang?

  25. Sofi mengatakan:

    kak, kan saya pas sebelum tgl 8 juni udah kirim formUKT, tapi dapetnya gol 5. kalo mau banding lagi, apa harus kirim berkas formUKT yg baru lagi? apa hanya kirim form banding saja? Mohon penjelasannya.

  26. Boni Hardianto mengatakan:

    Kak, Saya mengalami kesulitan untuk melakukan banding mengenai biaya UKT pada regisatrasi online, alasanya sudah di buat namun tidak bisa disimpan, saya sudah mencobanya berkali-kali tetapi tetap tidak bisa. Saya mohon penjelasan dan petunjuknya. Teriam kasih

  27. annizah rg mengatakan:

    kak, apakah ada konsekuensi dari banding ukt?

  28. min pengiriman berkas katanya di perpanjang?

  29. david mengatakan:

    Kak, sekarang sudah tgl 20 apa mash bisa banding ukt.
    Saya baru mau mendaftar umundip tapi katanya ada banding ukt ,apa masih bisa mau ngajukan gol 2. Selain itu berkas apa yg harus di kirim .
    Terima kasih

  30. Puja Sukma mengatakan:

    Kak pengumuman hasil banding itu kapan?
    Trus untuk yg rumahnya jauh gitu di survai lgsung p g?

  31. Sri mangunatun khasanah mengatakan:

    min, aku kan ikut bidikmisi, diform online aku malah banding soalnya nggak tau kalo bidikmisi ngga perlu banding.
    trus nasib bidikmisiku gmana yaa? :’(
    pengaruh ngga yaa?

  32. ko biaya ukt saya masih sperti ini? pic.twitter.com/FHvfGT37WJ
    mohon bantuannya

  33. nindo johan mengatakan:

    mas.. ini kan dh tnggal 26 sementara pengumuman ukt jalur um kan tnggal 25.. ko blm kluar hasil ku mas…
    mohon pemberitaunan nya lah..

  34. citra mengatakan:

    kak kan jadwal ukt tgl 25 tapi baru kelur kemarin dan jadwabanding kemarin dan hari ini, sedangkan pos itu tutup setiap sabtu-minggu.. itu gimana?apa ada perpanjangan? aku pengen lewat fax tapi nggak punya saudara di semarang. jalan keluarnya gimana?

  35. anggra mengatakan:

    mas mau tanya banding yang golongan 5 itu sampai tanggal berapa ? terus ngumuminya lewat apa

  36. Ardiansyah Azhary S. mengatakan:

    Kak, kalau yang lulusan UMBPTN terus informasi UKTnya aja belom keluar dan sudah terlanjur milih UKT V, gimana dong? Kalau mau banding, di reg-online kan gak ada, harus banding langsung tuh harus gimana? Langsung dateng kesana? Kan katanya informasi biaya UKT keluar hari ini, tapi gak keluar keluar -_-. Mohon bantunannya, terimakasih :D

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s