UM (Ujian Mandiri) UNDIP merupakan salah satu jalur masuk UNDIP yang diselenggarakan oleh UNDIP. Ujian ini biasanya mematok nilai sumbangan masuk yang lebih tinggi daripada ujian-ujian sebelumnya karena merupakan jalur terakhir yang dilaksanakan untuk dapat menjadi mahasiswa UNDIP dan biasanya dilaksanakan setelah jalur SNMPTN baik undangan dan tertulis sudah dilaksanakan.

Selain itu UNDIP juga memberlakukan sistem pembedaan kelas di mana mahasiswa akan dibedakan menurut jalur masuknya menjadi dua kelas yaitu kelas A(regular I) dan kelas B(regular II). Kelas A(regular I) akan ditempati mahasiswa yang masuk UNDIP melalui jalur SNMPTN baik undangan (PMDK) maupun tertulis. kelas B(regular II) ditempati oleh mahasiswa yang masuk UNDIP melalui jalur UM UNDIP.

Pembedaan kelas ini berdampak pula pada besarnya biaya yang dibayarkan mahasiswa per semester. Mahasiswa Kelas B akan membayarkan biaya SPP yang lebih besar dari pada Kelas A. Sebenarnya hanya selisih beberapa persen, namun bagi mahasiswa yang kurang mampu tentunya hal ini merugikan kerena tidak terpungkiri bahwa tidak semua mahasiswa kelas B adalah orang yang mampu. Jadi bagi calon pendaftar mahasiswa UNDIP silahkan mempertimbangkan kembali.

Namun tidak perlu berkecil hati karena UNDIP memfasilitasi mahasiswa yang kurang beruntung ini dengan adanya program beasiswa. Silahkan bagi yang ingin mengajukan beasiswa bisa konsultasi kepada Kesma BEM KM UNDIP.

Info lebih lanjut bisa dilihat di http://kesmabemkmundip.wordpress.com/ atau langsung saja mengkomentari artikel ini.

About these ads

Tentang Kesma BEM KM UNDIP

Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa adalah Kementerian yang bernaung dibawah Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro. Kementerian ini menjadi wadah aspirasi mahasiswa Universitas Diponegoro yang berhubungan langsung dengan kesejahteraan mahasiswa seperti beasiswa (baik dalam maupun luar negeri), asuransi, informasi lowongan pekerjaan, advokasi bagi mahasiswa yang kesulitan membayar biaya masuk/spp, uang kuliah tunggaal dan lain lain.

»

  1. Suputra mengatakan:

    sek, kok temen aku masuknya lewat UM. tetep bisa dapet beasiswa? bukan hanya 1 orang yg gitu.

    • kesmabemkmundip mengatakan:

      Saputra -> kalo uda jadi mahasiswa UNDIP emang bisa mendapatkan beasiswa. Tapi yang ditekankan di sini adalah pada jalur masuknya(jalur buat kuliah/menjadi mahasiswa UNDIP), yaitu ada SNMPTN, UM dan BEASISWA. Dari ketiga jalur ini BEASISWA adalah jalur yang terjangkau dan yang termahal adalah biaya masuk melalui UM

  2. Anonym mengatakan:

    usul yaa.. sebaiknya ntar kalau ada pembukaan pendaftaran UM UNDIP 2012, di website nya itu ditulis gede2 ya, “JUST FOR RICH PEOPLE!! sing mlarat ora olih ndaftar”
    Nah, biar yang miskin ga kejebak pas udah masuk undip. biar nasibnya ga kaya saya.
    oke? :D

    suwun~

  3. ruth mengatakan:

    baik sekali infonya. tapi tidak semua mahasiswa yang di reguler 2 itu hanya orang kaya. mungkin ada cerita lain kenapa dan gimana temen2 mahasiswa akhirnya harus lewat jalur UM. terimakasih.

  4. stevenzzzzz mengatakan:

    tanya nasib anak2 yang terlantar karena lewat jalur UM gimana?? da yang sampai menjual rumah juga

  5. ruth mengatakan:

    ya, agak bingung kenapa harus ada kalimat ini: “….dan statusnya reguler 2 (orang yang kaya)”
    yasudaaah,
    sukses utk kesmabemkm.

  6. Ghea mengatakan:

    maaf, saya dulu reg II dan saya masuk undip juga karena beasiswa lhooo.. istilahnya bukan murni orang tua saya yang membayar.. Sorry to say UNDIP tmsk universitas yg perhatian sama mahasiswanya, hati2 dengan penulisan.. karna itu bisa juga pelanggaran ITE.. cuman mau ngingetin ajaaa :) Sukses selalu Bem KM ..

  7. gapenting mengatakan:

    rezeki orang beda-beda ya, tolong di perbaiki tulisannya dan dipirkan apa yg mau dituliskan itu agar tidak menyinggung pihak tertentu……

  8. gapenting mengatakan:

    UM itu ga berarti kualitas menurun yah, bnyk org pinter msk UM karena dulu mereka ga tau n ga niat msk UNDIP n ketika mereka tau yang tersisa tinggal UM.

    Kalo diliat2 rata2 IP tinggi di tiap fakultas diraih ma anak UM loh. N prestasi juga kebanyakan diraih anak UM

    Selain itu kalo ga ada UM, BEM rela dana kemahasiswaanya di kurangi gt???

    Kita harus terima kasih juga loh sama anak UM, yg bisa subsidi anak yang ga mampu. Bukankah itu juga concern bagian kesma?

  9. koko mengatakan:

    wahh rasis nih

  10. cHOcoCiiPPzzz mengatakan:

    kalau menurut saya , jangan terlalu men-judge jalur um jadi seperti itu. nggak semua anak R2 ntu dari kalangan yang mampu.
    kalo boleh usul kata-kata di kalimatnya mohon di perbaiki lagi. nggak enak juga kalo dibaca.. terimakasih
    sukses buat kesma bem undip :)

  11. Riyan Aprilatama mengatakan:

    diskriminan dan diskresi banget release-nya, kok bisa ya?
    Ini situs resmi Kesma BEM KM apa gimana?
    dihapus aja, gak mewakili apapun dan bukan merupakan wacana yang objektif.

  12. D.A.N.A. mengatakan:

    “Wei saya UM 1 masuknya reguler 1 tuh, BEM KM minta diserang nih.

    UM itu ga berarti kualitas menurun yah, bnyk org pinter msk UM karena dulu mereka ga tau n ga niat msk UNDIP n ketika mereka tau yang tersisa tinggal UM.

    Kalo diliat2 rata2 IP tinggi di tiap fakultas diraih ma anak UM loh. N prestasi juga kebanyakan diraih anak UM

    Selain itu kalo ga ada UM, BEM rela dana kemahasiswaanya di kurangi gt???

    Kita harus terima kasih juga loh sama anak UM, yg bisa subsidi anak yang ga mampu. Bukankah itu juga concern bagian kesma?”

    itu salah satu komentar temen saya. mohon disaring lagi ya kalau menulis, malu krn ini ngebawa nama undip juga loh yaa. jujur saya jg agak tersinggung ngeliatnya krn saya sendiri anak reguler 2. ga semua anak reg 2 lebih kaya dan kualitasnya jelek kok. buktinya banyak di kelas saya sendiri anak2nya pinter dan banyak juga yg dpt beasiswa krn prestasinya itu. kritik sdikit aja buat bem km, seharusnya ky gini ga perlu diposting, kalopun mw diposting disaring dulu kata2nya biar maksudnya ga menyimpang. makasih :)

    • kesmabemkmundip mengatakan:

      mengacu pada sistem baru saat ini yaitu UM 1 ditiadakan dan hanya ada ujian mandiri tanpa adanya embel-embel 1 dan 2
      mohon maaf atas artikel yang kurang berkenan, namun artikel telah kami perbaiki :D

  13. Mahasiswa UM 1 Reg 1 FH UNDIP mengatakan:

    Tolong dipikir2 lagi kalo mau bikin comment mas bro, banyak yang reguler 2 sakit hati loh atas comment ini.

    Adanya UM sangat membantu UNDIP dalam penyelenggaraannya, dan harusnya BEM KM juga tau kalo dana lebih mereka itu untuk subsidi yang tidak mampu dan juga untuk dana kesejahteraan mahasiswa termasuk penyelenggaraan organisasi2 kampus kayak BEM, SENAT, PKM.

    Reguler 2 telah dihapuskan di FH UNDIP dan fakultas2 lain akan menyusul, ini agar tidak terjadi perbedaan dan cap bahwa reguler 2 adalah kaum2 orang kaya.

    Dan UM itu ga berarti kualitas menurun yah, bnyk orang pinter masuk UM karena dulu mereka ga tau n ga niat msk UNDIP n ketika mereka tau yang tersisa tinggal UM.

    Mohon di pertimbangkan lagi untuk kedepannya.

    • kesmabemkmundip mengatakan:

      mohon maaf sekali lagi jika artikel sebelumnya kurang berkenan, mungkin cara penyampaiannya yang kurang tepat
      maksud kami agar adik-adik calon pendaftar UNDIP tahu gambaran jalur masuk UM UNDIP, jadi mereka dapat memilih yang terbaik bagi mereka sendiri, karena banyak kasus calon mahasiswa yang lolos UM UNDIP namun tidak mampu membayar uang sumbangan masuk pertama

      namun artikel sebelumnya telah diperbaiki

  14. Gratia Atanka Barus mengatakan:

    maaf ya, saya masuk dari jalur SNMPTN tapi jujur saya tidak suka dengan postingan anda yang seolah-olah menjatuhkan mahasiswa yang masuk dr jalur UM

  15. putri anindita mengatakan:

    R2 (orang kaya) ??
    Lebih susah dpt beasiswa?
    Kayaknya ga gitu juga deh. UM emg lbh mahal, tp bukan berarti isinya orang” kaya, dan masalah beasiswa, di fakultas saya sendiri tdk dibeda” kan baik dr R1 maupun R2. Mohon bisa lebih bijak lagi dlm menulis info. Apalagi ini postingan yg dibuat dr BEM KM, seharusnya bisa lebih kritis dan bijak.
    Makasih.

  16. riang mengatakan:

    mbak maaf ya, kalo ng’post kata2nya jangan frontal gitu..lagian kn itu sama2 jalur masuk undip. R2 bisa tetep dapet beasiswa kok,temen saya banyak yg dapet.

  17. Lutfi Muzaqi mengatakan:

    Adminnya siapa ini Web?

    hanya pengen tau aja….hehe…

  18. gua mengatakan:

    bem km undip rasis

  19. ozzi mengatakan:

    kalo mau masuk undip lewat UM kira kira harus bayar berapa supaya bisa masuk?

  20. charis mengatakan:

    Brapa % pengaruh dana sumbangan pada seleksi jalur UM?

  21. admin, mau nanya, apa biaya SPMP untuk UM Undip tidak bisa diajukan keringanan ya? misalnya dilihat dari penghasilan orang tua juga.
    penentuan SPMP UM itu sesudah atau sebelum pengumuman kelulusan?
    mohon balasannya ASAP :) terimakasih

  22. SPMP yg ratusan juta itu, semisal saya mengajukan keringanan, apa itu mempengaruhi kelulusan?

  23. Mentari apriyani mengatakan:

    saya ingin masuk UM UNDIP karena saya gagal masuk UNDIP lewat SNMPTN.. tapi pas liat biaya pendidikan untuk FE jika masuk lewat UM bikin nyali saya jadi ciut :(

  24. Hanif mengatakan:

    Saya mau tanya, perbedaan masuk lewat jalur UM dan SNMPTN dari segi apa aja ya? apakah dari segi uang saja? atau ada perbedaan hak mahasiswa seperti mendapat beasiswa? terima kasih jawabannya.

  25. hana mengatakan:

    jadi kalo misal ketrima lewat um itu biasanya ada rentang waktu berapa hari ya buat bayar keseluruhan?
    terus, berarti harus langsung bayar spp, prkp, spi, dan spmp. misal utk prodi tek. sipil jadi sekali harus bayar 23jt gitu?
    sebelumnya, makasih infonya :D

  26. Yutika Putri Lestari mengatakan:

    mau tanya ada yang tau informasi daya tampung UM undip 2012 berapa ya untuk tiap jurusan ? dan peminat tahun lalu . terimakasih

  27. Indra mengatakan:

    Kalu ketrima lewat jalur UM itu bisa minta keringanan gak ?

  28. ema nurmawati mengatakan:

    Anak saya keterima di UM Undip, kemaren ini dia ikut SNPTN jalur undangan terdaftar sebagai pelamar Bidikmisi, keberuntungan belum berpihak pada anak saya dia tidak lolos di HI UI. Yg ingin saya tanyakan apakah saya bisa menggunakan kesempatan beasiwa Bidikmisi tsb untuk UM UNDIP. Terimakasihats jawabannya

  29. Hasbul Hadi mengatakan:

    min penilai UM UNDIP 2013 gimana? please info dong :)

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s