UM (Ujian Mandiri) UNDIP merupakan salah satu jalur masuk UNDIP yang diselenggarakan oleh UNDIP. Ujian ini biasanya mematok nilai sumbangan masuk yang lebih tinggi daripada ujian-ujian sebelumnya karena merupakan jalur terakhir yang dilaksanakan untuk dapat menjadi mahasiswa UNDIP dan biasanya dilaksanakan setelah jalur SNMPTN baik undangan dan tertulis sudah dilaksanakan.

Selain itu UNDIP juga memberlakukan sistem pembedaan kelas di mana mahasiswa akan dibedakan menurut jalur masuknya menjadi dua kelas yaitu kelas A(regular I) dan kelas B(regular II). Kelas A(regular I) akan ditempati mahasiswa yang masuk UNDIP melalui jalur SNMPTN baik undangan (PMDK) maupun tertulis. kelas B(regular II) ditempati oleh mahasiswa yang masuk UNDIP melalui jalur UM UNDIP.

Pembedaan kelas ini berdampak pula pada besarnya biaya yang dibayarkan mahasiswa per semester. Mahasiswa Kelas B akan membayarkan biaya SPP yang lebih besar dari pada Kelas A. Sebenarnya hanya selisih beberapa persen, namun bagi mahasiswa yang kurang mampu tentunya hal ini merugikan kerena tidak terpungkiri bahwa tidak semua mahasiswa kelas B adalah orang yang mampu. Jadi bagi calon pendaftar mahasiswa UNDIP silahkan mempertimbangkan kembali.

Namun tidak perlu berkecil hati karena UNDIP memfasilitasi mahasiswa yang kurang beruntung ini dengan adanya program beasiswa. Silahkan bagi yang ingin mengajukan beasiswa bisa konsultasi kepada Kesma BEM KM UNDIP.

Info lebih lanjut bisa dilihat di http://kesmabemkmundip.wordpress.com/ atau langsung saja mengkomentari artikel ini.

About these ads